Klasifikasi Kopi

Tipe minuman kopi

Kopi Turki

Berasal dari biji kopi Arabica, kopi Turki ini sangat halus, seperti serbuk giling. Bumbu beraroma yang disebut cardamom (sejenis pohon jahe) terkadang ditambahkan pada saat proses penggilingan. Salah satu cara penyajian ialah dengan merebus seluruh biji-bijian dengan kopi dan membiarkanya terapung di permukaan.

Kopi Turki mempunyai enam tingkat kemanisan dari yang sanagt manis sampai pahit. Dikarenakan gula tidak perlu ditambahkan pada saat kopi disajikan, maka sendok tidak diperlukan lagi.

Cappucino Coffee

Cappuccino adalah kopi dengan rasa yang kuat dan disertai cream berbusa, atasnya ditaburi dengan sedikit coklat bubuk. Warna kopi yang coklat pucat mengingatkan jubah yang dipakai para biarawan Capuchin. Cappucino tradisional disajikan menggunakan cangkir putih khusus, mirip seperti cangkir kopi. Perbandingan yang benar adalah: 1/3 kopi espresso yang baru saja dibuat, 2/3 busa. Busanya dipersiapkan dengan cara sebagai berikut: Isilah wadah kecil 1/3 dari kapasitasnya dengan susu segar. Benamkan frothing arm (bagian dari mesin espresso) yang ada di setiap mesin espresso listrik sampai sekitar dibawah permukaan susu. Nyalakan dan sedikit demi sedikit turunkan wadah, sehingga susu dapat menghasilkan busa namun posisi frothing arm tetap berada di bawah permukaan susu. Tambahkan setengah dari busa tersebut dengan kopi espresso. Taburkan sedikit coklat bubuk tanpa pemanis atau coklat hitam parut. Tambahkan sisa busa. Akhiri dengan sedikit coklat bubuk atau parutan coklat.

Espresso Coffee

Espresso adalah kopi hitam dengan rasa kuat yang disajikan menurut cara dari Italia dengan memasukkan uap melalui biji kopi yang dipanggang dengan temperature yang sangat tinggi. Kopi dimasukkan kedalam mesin espresso yang dirancang khusus untuk keperluan ini dan air panas dimasukkan melintasi kopi pada tekanan tinggi-mengekstrak rasa yang keluar sebanyak mungkin. Menyajikan espresso telah dibuat menjadi lebih mudah, setelah bertahun-tahun, dengan mesin canggih atau otomatis. Namun, menyiapkan secangkir espresso yang "sempurna" sungguh masih membutuhkan seni yang nyata. 1 s/d 1 1/2 ons espresso harus diseduh dalam 19-23 detik. Espresso harus mengalir keluar dari mesin secara perlahan tapi pasti . Jika espresso anda telah diseduh secara sempurna, permukaannya akan tetutup dengan crema (istilah untuk lapisan busa diatas espresso) berbusa warna coklat keemasan yang kental. Bila cremanya bagus, kemudian gula didalam espresso anda akan mengapung pada pemukaan untuk beberapa detik.

Americano (American)

Ini adalah espresso yang dilarutkan hanya dengan air panas. Nama tersebut sengaja diberikan untuk menghina orang-orang Amerika yang dipercayai oleh orang-orang Eropa bahwa mereka (orang-orang Amerika) tidak meminum espresso yang sebenarnya.

Black Coffee

Kopi yang disajikan tanpa susu

Flavoured Coffee (Kopi dengan tambahan rasa)

Ini dipakai hanya untuk rasanya saja dan lebih ke tradisi lokal. Sebuah keanekaragaman yang ada di belahan dunia yang berbeda. Rasa yang didapat bisa dari sirup yang dicampur, rempah-rempah (seperti: kayu manis), penambah rasa atau pala yang ditambahkan dapat memberi sensasi akan rasa kopi yang berbeda.

Café Latte

Kopi latte lebih banyak mengandung susu daripada cappuccino. Ini adalah salah satu bagian dari espresso dengan paling sedikit tiga sampai dengan lima bagian susu panas diuapi dengan sedikit busa diatasnya.. Latte dalam bahasa Italia berarti "susu", jadi berhati-hatilah ketika ingin memesan kopi di Roma.

Café au laft

Sama dengan 'Caffe Latte' dengan perbandingan susu dan kopi yang seimbang yaitu 1:1, dibuat dari kopi seduh yang bukan berasal dari espresso. Rasanya lebih ringan dan tidak terlalu kuat karena mengandung 50% susu.